Lencana Facebook

Pencari blog

SELAMAT DATANG

SELAMAT DATANG DI BLOG INI DAN SELAMAT MENIKMATI ISI DARI BLOG INI!!!!

Saiful Anwar al-madury

Saiful Anwar al-madury

Kamis, 15 April 2010

Bimasakti 'memakan' galaksi lain

http://www.ristek.go.id/file/upload/News/12112007085541.jpeg
Bukti baru menyebutkan bahwa sekumpulan bintang yang bernama Arcturus Stream di Bimasakti adalah sisa galaksi sekitar yang habis ditelan oleh Bimasakti kita. Menurut kantor berita ABC, hal itu membuktikan temuan terbesar pertama sejak penelitian galaksi hingga saat ini.

Dr. Quentin Parker dari Anglo-Australian Observatory dan Macquarie University adalah penanggung jawab dalam data riset proyek internasional Radial Velocity Expriment (RAVE), proyek tersebut memakai teleskop Smithzer England yang berbasis di Australia. “Kami sudah membuktikan bahwa gugusan bintang Arcturus yang beredar adalah stream biasa, dengan pola spiral mereka memasuki Bimasakti kita,” jelasnya.

Bimasakti kita, menurut Parker, merupakan sebuah galaksi besar, ia sangat lapar, sehingga menelan galaksi lainnya. “Kita bisa melihat sisa yang ditelannya,” imbuhnya. Dr.Parker menuturkan, proyek internasional RAVE menunjukkan, bahwa gugusan bintang arcturus bergerak di angkasa dengan kecepatan dan arah yang serupa, dan ini membuktikan bahwa mereka pernah menjadi sebuah bagian galaksi yang berkesinambungan.

Hasil survei saat ini telah mengumpulkan 90.000 informasi bintang, data lainnya yang berkaitan dengan 65.000 buah bintang akan dipublikasikan setelah dianalisis.

Tidak ada komentar:

Data diri

Foto saya
Pamekasan, Jawa Timur, Indonesia