Lencana Facebook

Pencari blog

SELAMAT DATANG

SELAMAT DATANG DI BLOG INI DAN SELAMAT MENIKMATI ISI DARI BLOG INI!!!!

Saiful Anwar al-madury

Saiful Anwar al-madury

Kamis, 15 Juli 2010

Soorena 2, Robot Humanoid Terbaru Buatan Iran


Jakarta - Inilah robot humanoid terbaru hasil garapan Iran. Soorena 2 demikian nama robot tersebut merupakan robot humanoid kedua yang dibuat Iran.

Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad secara khusus meluncurkan robot seberat 45 kg dan tinggi 1,45 meter dalam sebuah perhelatan teknologi bertajuk "Day of Industry and Mine".

Dikutip detikINET dari AFP, Senin (5/6/2010), Soorena 2 dirancang oleh 20 orang pakar robotik dari Universitas Teheran. Robot ini diklaim dapat menggantikan manusia dalam melaksanakan berbagai tugas yang cukup sulit dalam situasi yang berbeda.

Sama seperti manusia, robot ini pun mampu berjalan dengan menyinkronkan gerakan kaki dan tangan. Tak hanya itu, dengan kemampuan 12 gerakan di kaki, delapan gerakan di tangan dan dua gerakan di kepala, robot humanoid ini bisa mengerjakan semua program yang diinstruksikan.

Ini merupakan kali kedua Iran menciptakan robot humanoid. Sebelumnya pada 2008, para ilmuwan Iran menciptakan robot humanoid pertama yang diberi nama Soorena 1.

Robot tersebut mampu menyusuri jalan yang telah ditentukan oleh sistem path-finder yang sensitif dan mampu membaca teks. ( feb / rns )

Tidak ada komentar:

Data diri

Foto saya
Pamekasan, Jawa Timur, Indonesia